Facebook RSS Feed

KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK

Pernahkah kamu melakukan perjalanan dari daerah pantai sampai ke daerah gunung? Apabila kamu pernah melakukannya, coba ingat kembali bentuk-bentuk muka bumi yang kamu lihat !  Kemungkinan kamu akan melihat dataran pantai, dataran rendah, dataran tinggi, dan gunung (pegunungan). Kondisi alam yang beraneka ragam di permukaan bumi mempengaruhi aktivitas penduduk di daerah tersebut. Aktivitas penduduk pada daerah yang berbeda-beda  terlihat jelas pada mata pencaharian mereka.

Ada sebagian penduduk yang kehidupannya tergantung pada alam. Penduduk yang masih tergantung langsung pada alam biasanya memiliki corak kehidupan tradisional. Mereka memenuhi kebutuhan hidup dengan mengambil langsung dari alam dengan peralatan yang sederhana. Pada umumnya penduduk dengan kehidupan tradisional ini mempunyai jenis mata pencaharian dalam bidang pertanian. Disamping corak kehidupan tradisional, ada juga penduduk yang memiliki corak kehidupan modern.

Penduduk dengan kehidupan modern  biasanya tidak tergantung langsung pada alam di sekitarnya. Mereka berusaha untuk menanggulangi keterbatasan pada alam dengan usaha-usaha lain. Oleh karena itu penduduk dengan corak kehidupan modern mempunyai mata pencaharian yang beragam. Di era global seperti sekarang ini, manusia tidak tergantung sekali oleh alam bahkan manusia sudah dapat mempengaruhi keadaan alam. Namun demikian masih ada sebagian penduduk yang dalam kehidupannya bergantung dari alam.

Siapakah yang dalam hidupnya masih tegantung dari alam ? Coba kamu perhatikan penduduk yang tinggal di daerah pantai. Kebanyakan mereka bekerja sebagai nelayan.  Mereka mengambil sumber daya ikan dari laut. Mata pencaharian penduduk di daerah pantai selain nelayan di antaranya adalah dari sektor pariwisata, pegawai negeri, pegawai swasta, buruh, pedagang, dan petani.

Demikian pula halnya  dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi dan pegunungan. Sebagian besar penduduk di lereng-lereng gunung dan dataran tinggi memanfaatkan lahan daerah itu sebagai daerah pertanian. Jenis tanaman utama yang sebagian besar dikelola berupa tanaman sayur-sayuran, Namun demikian ada juga sebagian penduduk yang mempunyai mata pencaharian sebagai pegawai swasta, pegawai negeri dan pedagang.

Bagaimanakah dengan penduduk yang tinggal di dataran rendah? Penduduk di daerah ini cenderung mempunyai mata pencaharian yang beragam. Kenakeragaman mata pencaharian ini disebabkan oleh kondisi alam daerah datar cocok digunakan untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh untuk permukiman, sarana transportasi, perdagangan, perindustrian dan lain sebagainya. Kota-kota besar di Indonesia  sebagian besar berada pada daerah dataran rendah, seperti kota Jakarta, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Makasar, dan kota-kota lainnya.

Di daerah perkotaan yang biasanya berupa dataran rendah, kita akan kesulitan mencari penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani atau nelayan. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai pedagang, pegawai negeri, pegawai swasta, dan buruh.

05.44 KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK

SMAN 1 Sidayu

Nama penulis : Fikri Hadi Rusdianto / Dion
Pekerjaan : Pelajar dan Menganggur
E-mail : dionfikri@rocketmail.com
Facebook : Fikri Hadi Rusdianto